== Welcome ==

This blog 's nothing but the author's thoughts and private life, composed into text.

WARNING

contains harsh words sometimes

Hi ^^

Please read the warning before proceed

This blog Contains:


35% Life rant
60% Fangirling
5% Getting upset and swearing

Well.. Life goes up and down, doesn't it? So be careful while reading the posts!

Friday, November 14, 2014

Cara berteman dalam kelompok

...? sounds weird
Tapi entah kenapa aku pingin ngepost ini
entah iseng, untuk diriku sendiri, atau mungkin untuk seseorang ya?
warning : ini gak jelas banget, juga sesat karena sampel penelitian adalah diri sendiri.

Menurutku, untuk masuk ke dalam kelompok atau sekedar kenalan pertama kali itu gampang kok. Butuh caper aja ahaha. Tapi untuk mempertahankan pertemanan yang akrab n deket itu yang agak sulit. Aku susah banget jadi deket sama temen2 kalo kelompoknya lebih dari 4 orang (sudah diuji coba tidak di lab I*B dan lab2 lainnya #apaplis).. entah kenapa, mungkin lingkupnya terlalu luas? #alasan
//dalam kasus ini kita kesampingkan kelompok tercintaku yang udah kayak keluarga, BHF soalnya kami kan punya kesamaan khusus~




Nah pertama mesti kepo. 
Selalu nguping kalo mereka ngomong sesuatu, terus coba comment2 gaje ajalah, kayak 'ahahah gitu kah? ya ampun apaa- apaan? plis lah~ '
pasti ada yang nanggapin (kalo nggak ada yang nanggapin... ya udah :v yang penting kontribusi, jadi percakapan terus mengalir).
Ada saatnya kamu ketinggalan mereka ngomong apa. Tanya aja 'eh kalian ngomongin apaan?' atau nguping aja sampe kamu dapet pembicaraan mereka, terus gabung. Ya pokoknya intinya gabung sama pembicaraan mereka sih

Bukan topik pembicaraan yang aku suka. 
Aduh, kalo nungguin mereka ngomongin hal yang kamu suka bakal sampe setengah abad nunggunya #alay. Ya, tergantung kamu lagi di kelompok yang sukanya apa sih, tapi dalam kasus kali ini aku ngebahas kelompok normal yang pembicaraannya... apapun yang pingin diomongin (random).
Dulu aku juga gitu, kalo topiknya aku nggak suka atau aku nggak nguasain, aku dengerin aja. Terus aku ngerti, minimal aku harus ikut ngomong di beberapa kesempatan lah, atau nyambung2in ke topik2 familiar yang aku tau, pokoknya ikutan ngomong wkwk.
Dan usahain supaya terus bikin percakapannya gak putus. Cari topik yang deket2 topik sebelumnya

Semakin banyak terlibat dalam pembicaraan tuh semakin deket kok sama teman. Aku masih belum tau juga kenapa tingkat frekuensi berinteraksi berbanding lurus sama tingkat kedekatan (aku mahasiswa farmasi bukan psikologi tapi kalo Tuhan ngijinin, aku pingin mutasi hahaha)

Isengin temen.
Diem2an meski nggak canggung itu ternyata kagak enak. Belajar dari chifa yang bisa bikin benda bernama bolpoin jadi ngeselin banget tapi sekaligus seru gara2 keisengannya, aku belajar kalo sekedar coret buku temen, poke2, minjem bahu temen buat numpang tidur, atau ngapain aja tuh bisa bikin interaksi sama temen, yah minimal dia bakal ngomongin sesuatu ahaha.

contoh

*coret buku temen*

temen : *speechless*
elo : haha, biar gak ngantuk *bubuhin tanda tangan*
temen : eh2 jangan coret2 bukunya keless *singkirin tangan elo*
elo : yah siapa tau gue bakal terkenal di masa depan, sekarang gue kasih tanda tangan ke elo dulu, siapa tau elo butuh, nyari2 gue gak ketemu2
temen : aduh gak gitu juga lah plis *ketawa*

Tapi bercandanya liat2 ya. Ini sih orang2nya baik2 semua, tapi kalo lagi dalam sikon yang salah ya.. bisa jadi rempong

satu lagi, kalo temenmu jomblo, tolong jangan bilang jones ke dia
eh sumpah sakit banget, meski bercandaan
sakitnya tuh disini, katanya.

Gak tau diri
Dari hasil pengamatan, orang2 yang ga tau diri tuh cenderung lebih deket sama temen2nya. Oke, sampel paling sempurnya kayaknya chifa. Iya, orang ini iseng banget senggol kanan kiri dan ketawa2. Dan mungkin aku, kalo soal ngambil makanan temen #eh. Intinya kalo kita kayak sok2 jaga jarak gitu, sopan (atau kata temenku sih kaku) malah nggak enak, canggung. Coba perlakuin dia kayak saudara, kan kalo kamu ketemu saudara pasti kamu unyel, atau apalah, jadi terasa ada kedekatan.

Ngurusin orang
Banyak hal yang bisa masuk di kategori ini sih. Dari nanyain rumahnya dimana atau kost dimana, kenapa nyasar masuk jurusan ini #salah, sampe nanyain berapa harga potong rambut, sepatunya kok baru, kenapa jerawatnya nambah, sama kemana kemarin sama pacarnya, dsb. Hal ini bisa bikin temen kamu nyerocos semangat, soalnya orang punya kecenderungan suka ngomongin diri sendiri, sadar atau enggak. Karena itu kamu ambil peran mendengarkan aja. Entah kenapa hal ini bakal bikin orang yang kamu ajak omong seneng (eh ya iyalah toh ini topik tentang dirinya sendiri lol). Biasanya nggak ada batas privasi sih, tapi ya tau diri juga ya.
Jangan lupa inget2 data penting mereka, kayak tanggal ultah, nama saudara, makanan kesukaan, sampe nama n kebiasaan pacar (entah mengapa tapi kadang mereka suka kalo kita inget data pacar mereka..)

Be loyal be trusted
Salah satu kesalahan yang kulakuin awal2 di kelompok adalah sering misahin diri dari kelompok, entah pulang, nyari temen lain, nggak betah, pingin sekedar jalan2 atau bahkan nyasar... Sebisa mungkin, teruslah nempel sama kelompokmu. Temenin aja mereka kemana2
Terus, kalo kamu denger rahasia atau apapun dari orant2 di kelompokmu, simpen baik2. Jangan sampe kamu, entah sengaja ataupun enggak, nyebarin rahasia itu, bakal sulit jadinya nanti

Bagi2
Naah yang satu ini pasti bikin suasana seru. Berbagi. Jangan pelit, pokoknya kamu punya makanan atau apa aja deh, bagi2 in ke temen2mu. Toh temen2 di grupku semuanya dibagi, kentang, kripik, minuman, tapi pacar gak dibagi sekalian. huh #dibuang
Sekecil apapun berarti kok. Apalagi kalo lagi butuh. Aku inget nawarin minuman ke temen2ku setelah mereka disco time dan kehausan. Muka mereka cerah, minumanku berkurang banyak #plak. Tapi aku senang hehe.
Bukan cuma makanan kok, kamu bisa bagi2 bantuan atau keahlian misalnya kontribusi bikin makalah, ngajarin mereka atau fotoin mereka karena lupa bawa tongsis buat selfie (meski itu artinya kita korban gak nongol di foto gokil mereka)

Tapi jangan salah kalo cuman ngasih makanan aja atau nawarin bantuan nggak berapa ngebantu banyak dalam berteman >< tetap aja yang bikin deket ya frekuensi interaksi tadi ya...

Jangan nyerah
Rasanya point ini juga penting. Kalo semisal kamu ngeliat temen2mu masih sayang sama kamu tapi jarang 'membuka ruang' buat kamu ikut interaksi (jarang sih, tapi terjadi di aku), jangan nyerah. Jangan merasa kamu gak cocok atau gak bakal diterima di kelompok ini, bisa aja itu cuman cara pandangmu kok. Aktif aja, tetep ikut pembicaraan, sedikit demi sedikit bisa tambah deket kok...
//tapi deketnya ntar kapan, suatu saat nanti #nerawang <<ini apaan

Nah.. ngeliat point2 diatas kok rasanya banyak yang kontradiksi banget sama norma 'jadi anak baek' tapi yah, setelah ngejalanin style bersahabat 'ala anak baek' aku malah merasa nggak bakal deket sama mereka, jadi ya...
cara2 di atas ini mungkin ampuh, udah kucoba semua kok metode2 ini berdasarkan pengamatan hahaha
//oh plis, jadi ini pengamatan tersembunyi? mungkin aku perlu bikin makalah sekalian

No comments:

Post a Comment